Cara Mencari Jurnal Sinta

Introduction

Cara mencari jurnal melalui Sinta (Science and Technology Index) sangat penting. Sinta merupakan sistem informasi penelitian berbasis web yang dibuat untuk mengukur kinerja peneliti, institusi, dan jurnal ilmiah di Indonesia. Jurnal-jurnal ilmiah nasional yang diindeks oleh Sinta adalah jurnal yang sudah terakreditasi oleh sistem ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) yang sekarang dikelola oleh Ristekbrin. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara mencari jurnal melalui Sinta.

Langkah cara mencari jurnal Sinta

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan cara mencari jurnal Sinta :

  • Pertama, Anda harus masuk ke salah satu Browser yang tersedia seperti Modzilla, Chrome, Edge, dan Opera terlebih dahulu.
  • Kemudian, buka website Sinta melalui url berikut https://sinta.ristekbrin.go.id/, lalu klik menu Sources dan pilih Journals.
cara mencari jurnal sinta
  • Setelah itu, akan ditampilkan berbagai jurnal yang terdapat di Sinta.
  • Untuk menemukan jurnal yang Anda cari, dapat dilakukan dengan mengetik kata kunci (keyword) di kolom pencarian yang tersedia, misalnya Teknik Mesin, Kedokteran, Bisnis, Antropologi, dan lain sebagainya.
cara mencari jurnal sinta
  • Jika ingin melihat jurnal yang terindeks Scopus, klik tanda S1. S1 adalah peringkat jurnal yang terakreditasi A dan biasanya juga terindeks Scopus.
  • Lalu, untuk melihat halaman selanjutnya, Anda dapat mengklik angka 1, 2, 3, 4, dst yang terdapat di sudut kanan atas atau kanan bawah seperti pada gambar berikut.
Artikel Menarik Wajib di Baca  Arti Proofreading

   Angka 1, 2, 3, 4, dst yang terdapat di sudut kanan atas

cara mencari jurnal sinta

    Angka 1, 2, 3, 4, dst yang terdapat di sudut kanan bawah

cara mencari jurnal sinta
  • Sementara, jika ingin mencari jurnal tertentu, Anda dapat langsung ketik kata kunci (keyword) di kolom pencarian, misalkan wacana, dan kemudian tekan tombol enter pada keyboard atau klik tombol pencarian pada laman tersebut.
  • Setelah itu, akan ditampilkan daftar jurnal yang Anda cari. Untuk mengetahui deskripsi jurnal tersebut, langkah yang dilakukan adalah mengklik nama jurnal tersebut.
cara mencari jurnal sinta
  • Di laman tersebut akan ditampilkan berbagai informasi mengenai jurnal yang Anda cari seperti peringkat jurnal di Sinta, terindeks scopus atau tidak, dan daftar publikasi yang terdapat pada jurnal Wacana tersebut.
cara mencari jurnal sinta
  • Jika ingin mengunjungi website jurnal tersebut, Anda dapat mengklik tulisan Website yang terdapat di sebalah kiri, seperti gambar berikut ini.
cara mencari jurnal sinta
  • Selanjutnya, klik tanda panah kiri yang terdapat di sudut kiri atas untuk kembali ke laman sebelumnya. Anda dapat mengklik S2 untuk melihat jurnal terakreditasi B dan S2 untuk jurnal yang terakreditasi C. Anda dapat melihat jurnal apa saja dengan mengeksplorasi halaman ini.
  • Sementara itu, untuk melihat jurnal bernilai evaluasi di bawah 60, Anda dapat mengklik S4, S5, dan S6. Namun, ada juga kasus jurnal yang berada di S4 tetapi statusnya terakreditasi.

Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencari jurnal melalui Sinta.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Proofreading yang Dapat Anda Percayai: Ketahui Kesalahan yang Terlihat Seperti Proofreading

Sekilas Jasa Proofreading Jurnal Scopus GOODLINGUA

GoodLingua.com adalah perusahaan khusus jasa translate jurnal dan jasa proofreading Jurnal, conference, disertasi dan scientifict report. Kami sudah banyak membantu author untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal terindeks scopus. Kualitas kami lebih baik dari jasa lainnya dengan biaya yang terjangkau hanya 250 ribu per 1000 kata (atau sekitar 5-8 halaman, tergantung dari spasi, font dan format dari artikel. Segera kontak Kontak kami di WA sebagai berikut : 0856-9355-4284, atau klik di bawah ini :

Leave a Comment

WhatsApp chat