Cara Efektif Mencari Jurnal Ilmiah Indonesia di Scopus: Panduan dan Tips

5/5 - (1 vote)


Jurnal ilmiah Indonesia menjadi sumber informasi yang sangat penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi di berbagai bidang. Namun, mencari jurnal ilmiah Indonesia yang relevan dan berkualitas dapat menjadi tugas yang sangat menantang. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencari jurnal ilmiah Indonesia dengan lebih efektif.

Memanfaatkan Fitur Pencarian PDN

PDN atau Pusat Data dan Informasi Ilmiah merupakan salah satu sumber informasi jurnal ilmiah Indonesia yang terpercaya. PDN menyediakan fitur pencarian yang memungkinkan pengguna untuk mencari jurnal ilmiah Indonesia berdasarkan kategori tertentu, seperti disiplin ilmu, tahun terbit, dan kategori jurnal. Fitur pencarian ini memudahkan pengguna untuk menemukan jurnal ilmiah Indonesia yang paling relevan dengan topik yang diminati.

Berikut cara menggunakan Fitur pencarian PDN :

  • Kunjungi situs PDN di alamat https://www.pdn.ac.id/.
  • Pilih menu “Pencarian” dan pilih “Jurnal” pada tipe pencarian.
  • Masukkan kata kunci pada kolom pencarian dan pilih disiplin ilmu yang ingin dicari.
  • Klik “Cari” untuk menampilkan hasil pencarian.

Mencari Jurnal di Portal Garuda

Portal Garuda adalah salah satu sumber informasi jurnal ilmiah Indonesia yang terkemuka. Portal ini menyediakan akses gratis untuk mencari dan membaca jurnal ilmiah Indonesia terbaru dan terkini. Pengguna dapat mencari jurnal ilmiah Indonesia di Portal Garuda berdasarkan judul, penulis, abstrak, atau kata kunci. Selain itu, Portal Garuda juga menyediakan fitur pencarian lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan kategori tertentu.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Strategi Mengevaluasi Kualitas Jurnal Nasional: Panduan untuk Penulis dan Peneliti

Berikut cara menggunakan Portal Garuda:

  • Kunjungi situs Portal Garuda di alamat https://garuda.ristekbrin.go.id/.
  • Pilih “Pencarian” pada menu utama dan masukkan kata kunci yang ingin dicari pada kolom “Kata Kunci”.
  • Pilih filter pencarian yang tersedia, seperti disiplin ilmu, jenis publikasi, dan tahun terbit.
  • Klik “Cari” untuk menampilkan hasil pencarian.

Menggunakan Fitur Pencarian di ISJD

ISJD atau Indonesian Scientific Journal Database merupakan salah satu sumber informasi jurnal ilmiah Indonesia yang terpercaya. ISJD menyediakan fitur pencarian yang memungkinkan pengguna untuk mencari jurnal ilmiah Indonesia berdasarkan judul, penulis, abstrak, atau kata kunci. Selain itu, ISJD juga menyediakan fitur pencarian lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan kategori tertentu, seperti disiplin ilmu, tahun terbit, dan kategori jurnal.

Berikut cara menggunakan fitur ISJD:

  • Kunjungi situs ISJD di alamat https://isjd.pdii.lipi.go.id/.
  • Pilih “Pencarian” pada menu utama dan masukkan kata kunci yang ingin dicari pada kolom “Kata Kunci”.
  • Pilih filter pencarian yang tersedia, seperti disiplin ilmu, jenis publikasi, dan tahun terbit.
  • Klik “Cari” untuk menampilkan hasil pencarian.

Mencari Jurnal di DOAJ

DOAJ atau Directory of Open Access Journals merupakan direktori jurnal ilmiah terbuka yang menyediakan akses gratis untuk mencari dan membaca jurnal ilmiah di seluruh dunia, termasuk jurnal ilmiah Indonesia. DOAJ menyediakan fitur pencarian yang memungkinkan pengguna untuk mencari jurnal ilmiah Indonesia berdasarkan judul, penulis, abstrak, atau kata kunci. Selain itu, DOAJ juga menyediakan fitur pencarian lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan kategori tertentu.

Artikel Menarik Wajib di Baca  36 Jurnal SCOPUS (Q1-Q4) Bidang Pendidikan Relatif Mudah di Accept

Untuk mencari jurnal ilmiah Indonesia di DOAJ, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka halaman utama DOAJ di https://doaj.org/
  • Klik pada kolom search dan masukkan kata kunci yang relevan dengan topik yang ingin Anda cari.
  • Anda juga dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan bahasa, negara, atau kategori jurnal yang diinginkan.
  • Setelah menemukan jurnal yang relevan, pastikan Anda memeriksa kredibilitas jurnal tersebut dengan memeriksa profil jurnal, editorial board, dan penulis yang terlibat dalam publikasi.

Mencari Jurnal di Google Scholar

Google Scholar merupakan sumber informasi jurnal ilmiah Indonesia yang sangat populer. Google Scholar menyediakan akses gratis untuk mencari dan membaca jurnal ilmiah Indonesia terbaru dan terkini. Pengguna dapat mencari jurnal ilmiah Indonesia di Google Scholar berdasarkan judul, penulis, abstrak, atau kata kunci. Selain itu, Google Scholar juga menyediakan fitur pencarian lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan kategori tertentu.

Berikut ini adalah langkah-langkah mencari jurnal ilmiah Indonesia di Google Scholar:

  • Buka halaman utama Google Scholar di https://scholar.google.com/
  • Masukkan kata kunci yang relevan dengan topik yang ingin Anda cari di kolom pencarian.
  • Anda dapat menggunakan fitur pencarian lanjutan untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan bahasa, negara, atau tahun terbit.
  • Setelah menemukan jurnal yang relevan, pastikan Anda memeriksa kredibilitas jurnal tersebut dengan memeriksa profil jurnal, editorial board, dan penulis yang terlibat dalam publikasi.
Artikel Menarik Wajib di Baca  Mengembangkan Keterampilan Terjemahan Profesional: Landasan Penting untuk Komunikasi Global yang Efektif

Mencari jurnal ilmiah Indonesia dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan memanfaatkan berbagai sumber pencarian seperti PDN, Portal Garuda, ISJD, DOAJ, dan Google Scholar, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menemukan jurnal yang relevan dengan topik yang diminati. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan, memfilter hasil pencarian, memeriksa kredibilitas jurnal, dan memperluas wawasan Anda dengan memeriksa daftar referensi yang terdapat dalam jurnal yang Anda temukan. Dengan tips dan panduan ini, Anda dapat mencari jurnal ilmiah Indonesia dengan lebih efektif dan efisien.



Anda ingin memastikan tulisan Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan sebelum diserahkan untuk dipublikasikan? Goodlingua.com adalah solusi terbaik untuk kebutuhan proofreading Anda. Kami menyediakan layanan proofreading yang terpercaya dan profesional untuk segala jenis tulisan, mulai dari esai, tesis, artikel jurnal, hingga dokumen bisnis.

Kami memiliki tim proofreader berpengalaman yang terlatih untuk menangani bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Setiap tulisan yang masuk ke Goodlingua.com akan diperiksa secara detail dan mendalam oleh tim proofreader kami, yang akan memastikan kesalahan tata bahasa dan ejaan dihapus secara teliti. Kami juga akan memberikan saran dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Leave a Comment