Cara Mencari Jurnal Scopus

Apa Itu Scopus dan Mengapa Saya Membutuhkannya?

Scopus adalah database abstrak dan kutipan terbesar di dunia, yang berisi lebih dari 18 juta catatan. Ini adalah indeks abstrak dan kutipan dari artikel jurnal peer-review di semua disiplin ilmu dan bidang.

Scopus adalah sumber untuk menemukan informasi berkualitas tinggi dari sumber terbaik. Hal ini menjadikan Scopus alat yang berharga bagi para peneliti, ilmuwan, administrator basis data, pustakawan, dan siapa pun yang perlu menemukan informasi berkualitas.

Scopus telah digunakan oleh organisasi seperti NASA, Uni Eropa, UNESCO, Grup Bank Dunia dan PBB.

Cara Mencari Jurnal di Database Scopus Berdasarkan Topik Penelitian

Scopus adalah database yang berisi ribuan jurnal peer-review, dan fungsi utamanya adalah menyediakan cara yang efisien bagi pengguna untuk menelusuri jurnal-jurnal tersebut.

Untuk menemukan artikel dengan topik penelitian tertentu, Anda perlu mengetahui subjek atau nama jurnal. Misalnya, jika Anda mencari artikel yang terkait dengan”Sejarah”, Anda perlu mengetahui subjek”Sejarah”.

Anda juga dapat mempersempit pencarian Anda dengan menggunakan kata kunci dan judul dalam permintaan pencarian Anda.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Cara Daftar Scopus Gratis

Cara Mengunduh atau Mengekspor Data dari Jurnal di Basis Data Scopus untuk Analisis Lebih Lanjut

Scihub adalah situs web yang memungkinkan para ilmuwan untuk secara bebas membagikan penelitian yang telah mereka lakukan. Peneliti dapat mencari makalah tertentu dengan database Scopus dan mengunduh data yang mereka butuhkan.

mengunduh data makalah dan mengekstraknya dari PDF

Ekspor publikasi Anda dengan mudah ke Google Drive atau Dropbox untuk analisis atau berbagi lebih lanjut.

Apa Tahapan Proses Publikasi Ilmiah?

Proses publikasi ilmiah ini cukup panjang. Ini melibatkan banyak tahapan, baik sebelum dan sesudah publikasi.

Setelah penerbitan makalah, proses dimulai lagi dengan kritik dan tanggapan terhadap kritik. Hal ini dilakukan oleh para ilmuwan untuk memberikan kontribusi pengetahuan baru ke lapangan atau untuk lebih meningkatkan karya asli mereka.

1) Pengajuan: Tahap pertama dari proses dimulai dengan penyerahan dan di sinilah penulis mengumpulkan semua bahan yang diperlukan untuk penelitian mereka dan menyerahkannya untuk ditinjau.

2) Peer-review: Reviewer kemudian mengevaluasi kekuatan dan kelemahan setiap kiriman, serta kebaruan, konsistensi, relevansi dan signifikansinya

3) Editing: Editor kemudian akan mengedit naskah sehingga dapat diterbitkan

4) Publikasi: Tahap terakhir dari prosesnya terjadi ketika sebuah naskah telah diterima untuk diterbitkan

Leave a Comment

WhatsApp chat