Cara Menggunakan Indeks Scopus untuk Mengidentifikasi Kata Kunci untuk Riset Anda

Apa pengertian dari Indeks Scopus?

Indeks Scopus adalah indeks publikasi ilmiah di semua bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1974 dan telah diterbitkan setiap tahun sejak 1979.

Indeks Scopus adalah indeks yang digunakan oleh para ilmuwan, profesional, peneliti, pustakawan, dan penerbit untuk mencari informasi tentang jurnal penelitian. Informasi ini tersedia gratis untuk siapa saja di web dan situs web menyediakan teks lengkap untuk setiap artikel jurnal yang terdaftar dalam indeks.

Bagian ini akan mengajarkan Anda tentang satu cara yang memungkinkan bagi seorang penulis untuk tetap relevan di dunia saat ini

Cara Menggunakan Indeks Scopus

Scopus adalah database literatur ilmiah. Ini adalah database abstrak dan kutipan yang diluncurkan pada tahun 1971 dan saat ini dimiliki oleh Elsevier.

Artikel ini berfokus pada bagaimana menggunakan Scopus sebagai alat penelitian, di mana Anda dapat menemukan artikel terbaru terkait sains, makalah penelitian, buku, dan jurnal.

Ada dua cara untuk menggunakan Scopus sebagai alat penelitian:

– Buka kotak pencarian di Scopus dan mulailah mencari kata kunci atau topik yang terkait dengan bidang studi Anda. Anda akan diperlihatkan artikel yang telah diterbitkan atau masih dalam proses.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Apa Lingkup Elsevier Itu dan Mengapa Bisnis Harus Memanfaatkannya

– Anda juga dapat mencari jurnal yang terindeks Scopus dan telah diterbitkan dalam lima tahun terakhir sejak tanggal pencarian Anda. Ini termasuk semua majalah, surat kabar, jurnal akademik, dll., yang telah

Cara Menemukan Kata Kunci di Indeks Scopus: Panduan Langkah demi Langkah

Dengan bantuan Scopus, Anda dapat menemukan kata kunci yang dicari oleh audiens target Anda untuk menemukan konten Anda. Scopus adalah mesin pencari yang menyediakan informasi rinci tentang hasil penelitian global dan menyediakan pendekatan lintas disiplin untuk penelitian.

Langkah 1: Masuk ke akun Scopus Anda

Langkah 2: Klik”Alat Pencarian”

Langkah 3: Temukan alat”Pencarian Kata Kunci”di bawah”Alat Pencarian”

Langkah 4: Ketikkan kata kunci atau frasa di kotak teks dan klik tombol”Temukan Frasa”Langkah 5: Temukan 100 frasa teratas yang terkait dengan kata kunci atau frasa Anda dan klik”+”biru di sebelahnya. Langkah 6-8 adalah untuk memberi peringkat dan menyortir frasa berdasarkan relevansinya.

Riset Kata Kunci Menggunakan Web of Science dan Google Scholar

Karena internet telah berkembang, begitu juga alat untuk meneliti kata kunci. Web of Science digunakan oleh peneliti dan pustakawan di seluruh dunia, dan Google Scholar adalah mesin pencari yang menggunakan sumber ilmiah untuk menemukan informasi tentang topik tertentu.

Pertumbuhan penelitian digital telah mendorong penerbit tradisional untuk membuat konten baru untuk memenuhi permintaan ini. Misalnya, banyak jurnal ilmiah sekarang menawarkan konten mereka secara digital secara gratis di situs web mereka.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Cara Menggunakan Scopus untuk Riset Anda

Cara lain peneliti menggunakan teknologi digital adalah dengan memanfaatkan wawasan alat AI seperti IBM Watson untuk lebih memahami bagaimana kata-kata digunakan dalam publikasi akademik dan menggunakan wawasan ini untuk penelitian kata kunci. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana web of science dan google sarjana dapat digunakan untuk penelitian kata kunci dengan contoh menggunakan publikasi ilmiah populer tentang topik terkait kanker yang disebut Kanker: biologi dan pengobatan yang diterbitkan di

Studi Kasus: Cara Menemukan Kata Kunci untuk Makalah Konferensi

Beberapa tahun yang lalu, mencari makalah konferensi itu sulit. Ini sebagian besar disebabkan oleh terbatasnya jumlah kata kunci dan kurangnya konten yang tersedia secara umum.

Saat ini, dengan meningkatnya popularitas makalah konferensi dan konferensi ilmiah, ada lebih banyak konten yang tersedia secara online. Namun, ini membuat lebih sulit untuk menemukan kata kunci yang relevan yang akan menghasilkan makalah konferensi berkualitas lebih tinggi.

Studi kasus ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana mesin pencari bekerja dalam kaitannya dengan menemukan pencarian kata kunci yang relevan untuk makalah konferensi. Ini juga menawarkan beberapa tips bermanfaat tentang bagaimana seseorang dapat menemukan kata kunci untuk topik makalah mereka sendiri.

Leave a Comment

WhatsApp chat