Bagaimana Melakukan Review Jurnal

Apa arti dari me-Resensi Jurnal?

Review jurnal seringkali merupakan proses membaca dan menganalisis secara kritis artikel penelitian.

Dalam teks berikut, tinjauan jurnal akan memeriksa dampak komunikasi seluler pada hasil kesehatan.

Tinjauan Jurnal: Tinjauan jurnal adalah bagian penting dari kehidupan akademik karena berfungsi sebagai komponen penting dalam pengembangan teoretis dan pemahaman metodologis. Dalam makalah ini, kita akan mengeksplorasi review jurnal dengan melihat beberapa manfaat penting yang diberikannya kepada para akademisi.

Tinjauan jurnal memberikan kesempatan bagi para sarjana untuk berpartisipasi dalam diskusi tentang jenis penelitian apa yang mereka minati, dan bagaimana penelitian tersebut berkembang. Mereka juga memberikan kesempatan bagi para sarjana untuk melihat di mana kontribusi mereka sendiri mungkin diperlukan untuk mengembangkan bidang tertentu lebih jauh.

Mengapa Melakukan Review Jurnal?

Review jurnal paling sering diminta oleh editor jurnal. Mereka juga memberikan jalan keluar bagi penulis untuk mengetahui apa yang dikatakan rekan-rekan mereka tentang pekerjaan mereka dalam format peer-review. Jurnal biasanya membutuhkan pengulas untuk menjadi ahli dalam bidang studi di mana artikel tersebut ditulis dan umumnya, hanya anggota jurnal yang diterbitkan yang dapat menjadi pengulas.

Artikel Menarik Wajib di Baca 

Reviewer biasanya adalah orang-orang yang baru saja selesai mereview sebuah artikel dan menginginkan feedback dari pakar lain di bidangnya. Peninjau dapat memberikan umpan balik kritis dan membantu dengan masalah pasca-publikasi seperti menemukan rumah baru untuk artikel atau memasarkannya melalui platform media sosial seperti Reddit atau Twitter.

Inilah sebabnya mengapa ulasan jurnal sangat penting karena memberi penulis rasa validasi dari pendapat lain, terutama jika ulasan pertama itu tidak terlalu positif.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Review Jurnal?

Salah satu pekerjaan terpenting bagi seorang mahasiswa adalah menyelesaikan tugas kuliahnya. Ulasan ini akan membahas keuntungan dan kerugian menggunakan jurnal sebagai sumber untuk tugas kuliah Anda.

Manfaat: Jurnal menyediakan sistem yang nyaman yang memungkinkan Anda melacak pekerjaan dan kemajuan Anda melalui survei dan laporan yang mudah diakses. Ini juga memungkinkan Anda untuk meninjau pekerjaan siswa lain dengan mudah, yang memberi Anda ide tentang cara meningkatkannya

Kekurangan: Jurnal bukannya tanpa keterbatasan, terutama dalam hal pembuatan konten; mereka kurang dalam hal kreativitas dan orisinalitas

Jika siswa mencari laporan cepat yang dapat diselesaikan dengan mudah, jurnal jelas merupakan sumber yang bagus untuk mereka. Namun, jika mereka menginginkan konten yang lebih kreatif atau tulisan orisinal, jurnal mungkin bukan pilihan yang tepat

Ikuti 5 Langkah Ini untuk Melakukan Review Jurnal dengan Sukses

Review jurnal berguna untuk mengkaji kemajuan kita dalam membentuk kebiasaan baik. Mereka juga membantu kami memahami apa yang kami lakukan dengan benar dan di mana kami dapat meningkatkannya.

Artikel Menarik Wajib di Baca  63 Jurnal dari Indonesia yang terindeks Scopus tahun 2021

Ikuti 5 langkah berikut untuk melakukan review jurnal yang sukses:

-Kumpulkan data tentang latihan Anda

-Baca jurnal, sebaiknya dengan suara keras, dan catat bagaimana perasaan Anda setiap langkahnya

-Pilih beberapa momen yang Anda suka dan/atau tidak suka dalam jurnal (misalnya,”Saya merasa bangga pada diri sendiri karena telah bekerja keras.”atau”Saya merasa frustrasi karena saya tidak melaksanakan proyek ini dengan baik.”)

-Buatlah catatan tentang apa yang terjadi pada saat-saat itu dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut: Apa yang saya rasakan? Bagaimana saya bereaksi? Pilihan apa yang saya miliki? Bagaimana saya bisa bertindak berbeda? Melakukan

Leave a Comment

WhatsApp chat