Apa yang dimaksud dengan indeks-h dalam penelitian ilmiah?

Apa pengertian dari indeks-h itu?

Indeks-h adalah indeks yang menghitung jumlah makalah yang diterbitkan oleh seorang ilmuwan, dan kemudian membagi angka tersebut dengan jumlah makalah yang telah dikutip. Ini digunakan sebagai indikator seberapa berpengaruh seorang peneliti.

Metrik ini diperkenalkan pada tahun 1998 oleh Jorge Hirsch yang mencoba menemukan cara untuk mengukur pengaruh ilmiah. Indeks-h bervariasi tergantung pada bidangnya, dengan beberapa bidang memiliki lebih banyak kutipan per makalah daripada yang lain. Ada juga berbagai cara untuk menghitungnya, beberapa di antaranya berpotensi menghasilkan nilai yang salah bagi ilmuwan tertentu.

Meskipun metrik ini dapat membantu dalam memahami produktivitas penelitian, metrik ini tidak selalu mencerminkan kualitas pekerjaan peneliti atau dampak langsung pada sains.

Mengapa kita membutuhkan indeks seperti itu?

Ada banyak alasan mengapa kita membutuhkan index. Dapat digunakan oleh pembaca untuk mencari informasi dengan cepat. Ini juga dapat digunakan untuk memberikan hasil pencarian untuk gambar atau metadata lainnya. Indeks juga menyediakan cara bagi orang untuk mengatur perpustakaan digital pribadi mereka.

Sebaiknya sertakan indeks dalam bab Anda karena pembaca akan merasakan manfaatnya.

Bagaimana cara menghitung indeks-h?

Indeks-h adalah metrik yang digunakan untuk memperkirakan produktivitas seorang peneliti akademis. Ini dihitung dengan membagi jumlah artikel dengan kutipan dalam lima tahun pertama publikasi dengan jumlah total artikel yang diterbitkan.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Cara Mengoreksi dan Mengedit Tulisan Anda Sendiri

Sangat penting bagi peneliti untuk meningkatkan indeks-h mereka untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dan mencapai kemajuan karir.

H-index dapat digunakan sebagai penanda keluaran penelitian, kualitas, dan kecepatan. Saat mengukur produktivitas peneliti, penting bagi kami untuk mempertimbangkan banyak faktor termasuk jumlah kutipan, faktor dampak jurnal, riwayat publikasi, dan banyak lagi.

Bagaimana h-index berbeda dari indeks lain, seperti dampak kutipan?

Indeks-h dihitung dengan membagi jumlah kutipan yang diterima peneliti dengan jumlah publikasi yang mereka tulis. Ini mengukur dampak rata-rata publikasi dan sering digunakan sebagai ukuran pengaruh ilmiah.

Semakin banyak kutipan yang Anda miliki, semakin tinggi indeks-h Anda. Ini berarti bahwa ketika mengukur pengaruh ilmiah, orang-orang dengan indeks-h tinggi dianggap lebih berpengaruh daripada mereka yang memiliki indeks-h rendah.

Indeks-h yang tinggi penting karena penelitian seringkali membutuhkan dana dari lembaga akademis atau bisnis untuk melanjutkan pekerjaan mereka dan membuat kemajuan menuju tujuan mereka.

2 thoughts on “Apa yang dimaksud dengan indeks-h dalam penelitian ilmiah?”

  1. Saya ingin segera mengirim artikel untuk dibantu goodlingua agar dapat diterbitkan di salah satu jurnal internasional yang terindeks scopus. Bagaimana proses dan prosedur menjalin kerjasama untuk dapat menggunakan jasa goodlingua? Terimakasih

    Reply

Leave a Comment

WhatsApp chat