Cara Mengoreksi dan Mengedit Tulisan Anda Sendiri

Mengapa Anda membutuhkan korektor dan editor?

Sebagai penulis, ada tiga jenis orang yang perlu Anda ajak berkolaborasi untuk menghasilkan karya terbaik: editor, korektor, dan pembaca Anda.

Korektor adalah seseorang yang membaca tulisan Anda dan memastikan bahwa itu bebas dari kesalahan. Editor Anda mengerjakan konten dan membantu Anda mengembangkannya menjadi tulisan yang bagus. Pembaca adalah seseorang yang akan membaca apa yang Anda tulis untuk tujuan jaminan kualitas.

Peran ketiga orang ini sangat penting untuk menciptakan karya yang ditulis dengan baik.

Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Mengalihdayakan Kebutuhan Pengeditan Anda

Mengedit adalah proses mahal yang bisa memakan waktu. Beberapa penulis lebih suka melakukan outsourcing tugas ini untuk menghemat waktu dan uang yang seharusnya mereka habiskan untuk mengedit.

Namun, outsourcing kebutuhan pengeditan Anda tidak membuat Anda kurang bertanggung jawab atas kualitas pekerjaan Anda.

Mengalihdayakan kebutuhan pengeditan Anda adalah opsi yang harus diputuskan sendiri oleh setiap penulis – apakah itu cocok untuk platform penerbitan mereka atau tidak.

Cara Menemukan Proofreader/Editor untuk Proyek Anda

Kebanyakan copywriter dan penulis konten tidak ahli dalam mengedit, karena mereka memiliki prioritas lain selain mengedit. Namun, jika Anda mencari editor, Anda harus mencari seseorang yang memiliki pengalaman dalam menulis tingkat akademis.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Bagaimana Melakukan Review Jurnal

Seorang editor harus dapat melihat apakah sebuah kalimat benar secara tata bahasa dan apakah itu masuk akal. Mereka juga harus bisa menentukan apakah ada lebih banyak teks yang dibutuhkan dalam sebuah kalimat atau paragraf. Editor juga perlu mengetahui cara membuat strategi konten dan gaya penulisan yang efektif yang paling sesuai dengan audiens publikasi Anda.

Bagaimana cara menemukan orang yang tepat untuk proyek saya?

Mungkin sulit menemukan orang yang tepat karena editor tertentu memiliki persyaratan khusus dalam hal kualifikasi. Beberapa editor meminta gelar atau sertifikasi sedangkan yang lain tidak memerlukan apa pun

Outsourcing vs Self-Editing – Mana yang Lebih Baik?

Orang sering bertanya,”mana yang lebih baik – outsourcing atau self-editing?”Kelebihan dan kekurangan masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut:

Keuntungan dari Outsourcing:

– Anda memiliki profesional yang memiliki banyak pengalaman di industri.

– Mereka dapat memberi Anda produk berkualitas yang sebanding dengan apa yang akan Anda buat.

– Anda bisa fokus pada area lain yang bukan kekuatan Anda.

Kekurangan Outsourcing:

– Mungkin diperlukan waktu lebih lama dari yang diperkirakan untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi karena hambatan bahasa, perbedaan budaya, dan faktor manusia lainnya.

– Mungkin butuh waktu lebih lama dari yang diantisipasi bagi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan mereka karena mereka membutuhkan lebih banyak waktu dan sumber daya daripada yang diharapkan.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Enago Proofreading Adalah Layanan Hebat

Pengoreksian vs Pengeditan – Apa Bedanya?

Ketika copywriter perlu mengedit sepotong teks, mereka sebenarnya mengoreksi kesalahan dan membuatnya benar secara tata bahasa. Namun, ketika mereka menulis teks baru, mereka mengedit dan merevisi teks agar terdengar alami.

Saat kami menulis konten baru, gaya penulisan kami tidak sama dengan ketika kami memperbaiki kesalahan pada konten lama. Artinya yang perlu kita lakukan adalah mengedit apa yang sudah ditulis sebelumnya sehingga terdengar natural.

Panduan ini akan membantu Anda memahami istilah dengan benar dan mempelajari cara membedakannya

Kesimpulan: Jangan Mengedit Sendiri, Cari Profesional

Jika Anda pernah mengedit dokumen, Anda tahu betapa merepotkannya hal itu. Jika Anda dapat menghindari mengedit sendiri, itu dapat menghemat lebih banyak waktu dan uang.

Yang terbaik adalah menyerahkan pengeditan kepada copywriter profesional yang akan bekerja dengan suara dan nada unik Anda. Mereka tidak hanya akan menangani kesalahan ejaan dan tata bahasa, mereka juga akan memberikan wawasan tentang bagaimana konten tertulis Anda seharusnya terdengar untuk meningkatkan pengenalan merek.

Sebagai kesimpulan, dapatkan bantuan profesional dari asisten penulisan AI atau copywriter dalam hal mengedit konten tertulis Anda jika Anda ingin melakukannya dengan benar untuk pertama kalinya.

Leave a Comment

WhatsApp chat