Review dan Pengenalan Website Sinta Ristek Dikti untuk Dosen

Salah satu fungsi Science and Technology Index (SINTA) adalah untuk mengindeks publikasi, buku, jurnal dan dokumen lainnya yang terkoneksi dengan Google Schoolar dan Scopus. Sebagai informasi, ada beberapa peringkat jurnal nasional sebagai hasil akreditasi jurnal ilmiah, yaitu:

  • Peringkat 1 (satu) dengan nilai (n), 85 (delapan puluh lima ≤ n ≤ 100 (seratus) yang disebut Sinta-1 (S1), sebelumnya disebut terakreditasi A.
  • Peringkat 2 (dua) dengan nilai (n), 70 (tujuh puluh) ≤ n < 85 (delapan puluh lima) yang disebut Sinta-2 (S2), sebelumnya disebut terakreditasi B.
  • Peringkat 3 (tiga) dengan nilai (n), 60 (enam puluh) ≤ n < 70 (tujuh puluh) yang disebut  Sinta-3 (S3).
  • Peringkat 4 (tiga) dengan nilai (n), 50 (lima puluh) ≤ n < 60 (enam puluh) yang disebut Sinta-4 (S4).
  • Peringkat 5 (lima) dengan nilai (n), 40 (empat puluh) ≤ n < 50 (lima puluh) yang disebut Sinta-5 (S5).
  • Peringkat 6 (enam) dengan nilai (n), 30 (tiga puluh) ≤ n < 40 (empat puluh) yang disebut Sinta-6 (S6).

Dalam website Sinta (Science and Technology Index) di https://sinta.ristekbrin.go.id/, terdapat beberapa informasi yang disediakan di laman utamanya berupa grafik, misalnya:

  1. Documents in Scopus, berisi jumlah riset-riset dari 10 kampus terbesar.
  2. Top 10 Affiliation Publications by Scopus, berisi 10 universitas dengan publikasi terbanyak di Scopus
  3. Number of Journal by Sinta Score
  4. Publications per Year on Scopus
  5. Publications per Year on Google Scholar
  6. Academic Rank by Sinta
  7. Intellectual Property Rights (IPR) by Affiliation
  8. Books by Affiliation

Kemudian, di bagian bawah grafik terdapat beberapa website ristekdikti lain. Untuk dosen yang belum memiliki akun, bisa mendaftar dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik registration
  2. Pilih antara lecturer (dosen) atau researcher (peneliti). Ketika memilih lecturer, maka harus memasukkan NIDN yang terkoneksi langsung dengan pangkalan dikti
  3. Kemudian isi data pribadi.
  4. Masukkan email Anda, dan sebaiknya menggunakan e-mail kampus.
  5. Masukkan Google Scholar URL milik Anda.
  6. Setelah semua terisi sesuai dengan data, klik register dan tunggu verifikasi dari pihak Sinta.
Artikel Menarik Wajib di Baca  1 Bulan di accept di Jurnal Accounting, Q4 Scopus.

Setelah memiliki akun dan bisa login di Sinta, laman tersebut akan menampilkan data berupa nama, nomer ID, tanda verified hijau ketika sudah terverifikasi, bidang keahlian (bisa ditambahkan dengan klik *Add New Subject), affiliation, department, kemudian Google Scholar, seperti contoh berikut ini:

Dibagian atas dari laman tersebut berisi statistik tentang ranking di skala kampus dan nasional. Ditampilkan juga statistik di Scopus dan Google Scholar sesuai dengan artikel yang dimiliki. Berikutnya, menu Update Profile berisi informasi pribadi dan bisa di sinkronkan dengan PDDIKTI. Dalam menu Publication, ketika sudah di sinkronkan akan muncul dokumen-dokumen baru. Selanjutnya dalam menu Books berisi buku buku yang pernah di publikasi, dan jika ingin menambahkan buku, bisa di klik Add Book dengan memasukkan ISBN lalu klik search dan jika hasilnya sesuai bisa diklik Claim Book. Kemudian pada menu IPR berisi hak cipta atau hak paten yang dimiliki dengan memasukkan nomer permohonan di bar yang tersedia dan mengisi data tersebut.

Selanjutnya, menu Author berisi orang-orang dengan ranking tertinggi di skala nasional berdasarkan tingkat posisi di Proffesor, Assoc Proffesor, Senior Lectures dan Lectures. Data tersebut akan selalu ter-update sesuai dengan publikasi indeks di Google Scholar dan di Scopus. Peringkat tersebut di hitung berdasarkan aktivitas dalam kurun waktu 3 tahun, jika setelah 3 tahun aktivitasnya menurun, maka peringkatnya juga akan menurun. Berikut contoh yang akan ditampilkan pada menu ini:

Selanjutnya, menu Subject berisi nama-nama bidang misalnya Management, Accounting, Education, Mathematics Education, sesuai dengan peringkatnya. Kemudian dalam menu Affiliation berisi peringkat universitas beserta datanya misalnya jurusan, nama dosen, overview data, dokumen Scopus, WoS dan Google Scholar.

Demikian review singkat tentang website Sinta, semoga membantu Anda.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Tingkat Penerimaan Jurnal Scopus dengan Publikasi Cepat

GoodLingua.com adalah perusahaan khusus translate dan proofreading Jurnal, conference, disertasi dan scientifict report. Kami sudah banyak membantu author untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal terindeks scopus. Kualitas kami lebih baik dari jasa lainnya dengan biaya yang terjangkau hanya 250 ribu per 1000 kata (atau sekitar 5-8 halaman, tergantung dari spasi, font dan format dari artikel. Segera kontak Kontak kami di WA sebagai berikut : 0856-9355-4284, atau klik di bawah ini :

This image has an empty alt attribute; its file name is whats-app1_burned.png



Leave a Comment

WhatsApp chat