Cara Update Profil Sinta Dosen

Berdasarkan informasi grup Verifikator Sinta, Sinta menambahkan fitur baru pada Desember 2018 berupa pemeringkatan Author berdasarkan Subjek dan Jabatan Fungsional. Oleh karena itu, Anda perlu mengapdate profil Anda di Sinta.

Pada artikel ini, akan dijelaskan cara meng-update profil Sinta. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Pertama, masuk ke website Sinta melalui URL berikut https://sinta.ristekbrin.go.id/.
  • Pada menu Home, akan ditampilkan kolom pencarian. Ketik nama akun Anda pada kolom pencarian tersebut kemudian tekan tombol enter pada keyboard atau klik tombol pencarian pada laman tersebut.
  • Setelah itu, akan ditampilkan hasil pencarian berupa nama akun Anda di Sinta.
  • Klik nama tersebut, kemudian akan muncul informasi keilmuan pada profil Anda sesuai yang ditulis di Google Scholar.
  • Selanjutnya, langkah yang harus Anda lakukan adalah mengklik salah satu subjek informasi yang ditampilkan. Kemudian, di laman tersebut akan ditampilkan peringkat authors sesuai subjek yang Anda pilih.
  • Ada potensi membuat subjek tertentu agar Anda bisa berada pada peringkat 1. Untuk update Profil, Anda harus Login Author dan menambahkan subjek di Sinta. Subjek yang dituliskan di Google Scholar memang tertulis di Sinta, namun tidak bisa dicek peringkatnya. Jadi, untuk mengetahuinya, Anda harus login menggunakan akun Anda. Di laman tersebut akan muncul peringkat Anda di skala nasional dan di skala afiliasi.
  • Kemudian, untuk menambahkan subjek pada Sinta, Anda dapat mengklik menu Subject.
  • Ketik subjek yang ingin Anda tambahkan di kolom yang tersedia lalu klik Add Area, maka subjek yang Anda masukkan akan ditambahkan.
  • Kemudian, untuk mengecek apakah subjek yang Anda masukkan sudah ditambahkan pada profil Sinta Anda, kembalilah ke menu home dan ketik nama akun Anda lagi di kolom pencarian. Setelah Anda klik, subjek yang Anda tambahkan akan muncul pada profil Anda.
  1. Jika Anda ingin mengetahui pemeringkatan Author berdasarkan jabatan fungsional, Anda dapat mengklik salah satu kategorinya, yaitu Professors, Assoc. Professors, Senior Lecturers, dan Lecturers. Selanjutnya, di laman tersebut akan ditampilkan peringkat Anda.

Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meng-update Profil Sinta.

Artikel Menarik Wajib di Baca  17 JURNAL AKADEMIS THAILAND MUNCUL DI DATABASE SAINS DAN TEKNOLOGI SCOPUS

Leave a Comment

WhatsApp chat