Jangan Submit Naskah ke jurnal Scopus Diskontinyu!

Scopus terus melakukan re-evaluasi terhadap jurnal-jurnal yang telah terindeks di Scopus. Apabila jurnal sudah tidak memenuhi persyaratan dari Scopus, pihak Elsevier akan mengeluarkannya dari database Scopus. Disini akan dijelaskan cara melihat dan mengecek jurnal-jurnal yang didiskontinyu dari Scopus dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Di laman tersebut akan ditunjukkan beberapa sub-menu seperti Why Choose Scopus, How Scopus works, Who uses Scopus, Learn & Support, dan Resource Library.
  • Pilih How Scopus works dan kemudian pilih Content
  • Setelah itu, langsung menuju ke bagian paling bawah untuk mengunduh daftar jurnal-jurnal diskontinyu.
  • Buka file unduhan dalam format Ms. Excel tersebut, maka akan ditampilkan sejumlah jurnal yang di-diskontinyu dari Scopus pada bulan Februari 2021. Daftar jurnal diskontinyu yang terbaru diberi warna orange seperti berikut ini.
  • Selain nama-nama jurnal yang didiskontinyu dari Scopus, di file tersebut juga dapat dilihat alasan kenapa jurnal bisa didiskontinyu. Alasan tersebut dapat dilihat pada bagian Reason for discontinuation.
  • Ada beberapa alasan yang dituliskan pada bagian tersebut. Misalnya: jurnal Systematic Reviews in Pharmacy didiskontinyu dari Scopus dengan alasan Publications Concern. Berdasarkan keterangan alasan tersebut, dapat diasumsikan bahwa jurnal Systematic Reviews in Pharmacy didiskontinyu karena proses review-nya kurang memenuhi standar.
  • Untuk mengeceknya, dapat mengunjungi  website Scopus langsung dengan URL https://www.scopus.com/ lalu pilih Sources
  • Kemudian, masukkan nama jurnal tersebut pada kolom pencarian yang tersedia, misalnya: Systematic Reviews in Pharmacy lalu klik hasil pencarian tersebut.
  • Ditampilkan bahwa jurnal Systematic Reviews in Pharmacy sudah aktif sejak tahun 2010 hingga sekarang, namun ternyata journal homepage-nya tidak dicantumkam pada laman tersebut. Artinya jurnal tersebut telah didiskontinyu dari Scopus, dan oleh karena itu disarankan agar tidak men-submit naskah ke suatu jurnal apabila journal homepage-nya tidak tercantum/hilang pada laman Scopus.

Sekian cara melihat daftar jurnal yang didiskontunyu dari Scopus melalui Elsevier dan cara mengeceknya langsung di website Scopus.

Artikel Menarik Wajib di Baca  6 Bulan untuk Accepted di Jurnal Scientific Review Engineering and Environmental Sciences, Q3 Scopus.

GoodLingua.com adalah perusahaan khusus translate dan proofreading Jurnal, conference, disertasi dan scientifict report. Kami sudah banyak membantu author untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal terindeks scopus. Kualitas kami lebih baik dari jasa lainnya dengan biaya yang terjangkau hanya 250 ribu per 1000 kata (atau sekitar 5-8 halaman, tergantung dari spasi, font dan format dari artikel. Segera kontak Kontak kami di WA sebagai berikut : 0856-9355-4284, atau klik di bawah ini :

This image has an empty alt attribute; its file name is whats-app1_burned.png

Leave a Comment

WhatsApp chat