Bagaimana Mengetahui Tingkat Keterimaan (Acceptance Rate) Jurnal terindeks Scopus ?

Sebagai Author, sebelum men-submit paper pada sebuah jurnal, tentunya Bapak/Ibu ingin melihat, berapa persen kira-kira paper kita bisa di accept di jurnal tersebut. Ini merupakan bagian dari strategi untuk publikasi jurnal, karena beberapa Author tidak ingin mensubmit sebuah paper pada sebuah jurnal yang memiliki acceptance yang rendah. Sebagai contoh, di beberapa Jurnal terindeks scopus, ada beberapa Jurnal yang memiliki Acceptance rate 10% bahkan kurang, artina dari 10 paper yang masuk proses review, 9 diantaranya di tolak/reject. Jurnal-jurnal seperti ini biasanya memiliki kompetisi yang tinggi, di incar oleh banyak peneliti dan memiliki slot ratio publikasi yang rendah. Biasanya bisa dideteksi dari Issue yang di hasilkan pertahun, misal 1 kali, 6 kali atau 12 kali issue per tahun.

Pada artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk melihat tingkat acceptance rate dan kemungkinan artikel yang bisa diterima disuatu jurnal, serta informasi tentang berapa lama diproses jurnal tersebut, dan berapa persen kemungkinan jurnal tersebut diterima.

Menggunakan Elsevier Journal Finder (https://journalfinder.elsevier.com/)


Masuka judul, abstrak, keyword dan field research dari paper kita yang akan disubmit pada sebuah jurnal. Semakin lengkap data yang kita masukan, akan semakin detail jurnal yang kita cari. Keyword dan field research adalah optional.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Cara Mendapatkan Layanan Editor dan Proofreader Terbaik dengan Harga Murah

Tekan FIND JOURNALS, contoh ada di bawah ini.

Hasil informasi yang dapat kita perloleh adalah seperti gambar diatas berapa Citescore, Impact Factor, Acceptance rate, Time to 1st decision dan Time to publication.

Acceptante rate adalah tingkat keterimaan paper di jurnal tersebut. Misalnya pada contoh di atas adalah Jurnal Computers in Industry, dengan acceptance rate adalah 10%, artinya ini merupakan jurnal yang memiliki kompetisi tinggi.

Apa itu Time to 1st decision ? ini adalah tingkat kecepatan dari proses review :

Rata-rata jumlah minggu yang dibutuhkan sebuah artikel untuk melalui proses review oleh editorial untuk jurnal ini, termasuk standar dan penolakan/rejection. Ada dua periode kunci: 1. Dari pengiriman naskah hingga keputusan awal artikel. 2. Dari pengiriman naskah hingga keputusan akhir editorial.

Strategi Submission

  1. Jika Bapak/Ibu mencari jurnal yang mudah di accept, maka carilah jurnal dengan acceptance rate yang tinggi, misalnya lebih dari 50%, karena memiliki tingkat kompetisi yang lebih rendah dibandingkan dengan percentase acceptance rate yang rendah.
  2. Jika Bapak/Ibu mencari Jurnal dengan tingkat proses review yang cepat, carilah Jurnal dengan time to first decision yang cepat, misal 1 minggu. Disini bisa jadi, tingkat acceptance rate rendah, tetapi cepat dalam proses review.
  3. Jika Bapak/Ibu mencari jurnal yang berkualitas tinggi, carilah Jurnal yang memiliki impact factor tinggi.
Artikel Menarik Wajib di Baca  Cara Mendapatkan Layanan Editor dan Proofreader Terbaik dengan Harga Murah

Web lain untuk mencari acceptance rate

Selain milik elsevier, yaitu elsevier journal finder, ada beberapa webiste yang menyediakan aplikasi untuk mencari sebuah jurnal di lihat dari tingkat acceptance rate, citescore, dan lama proses waktunya, sebagai berikut :

  1. Springer Journal Suggester – https://journalsuggester.springer.com/
  2. Wiley Journal Finder
  3. Journal-Finder – Charlesworth Author Services – https://www.cwauthors.com/Journal-Finder
  4. Taylor & Francis Journal Suggester
  5. Edanz Journal Selector – https://www.edanz.com/journal-selector
  6. Enago Worldwide and Local Open Access Journal Finder – https://www.enago.com/researcher-hub/journal-finder.htm
  7. Journal / Author Name Estimator – https://jane.biosemantics.org/

Tentang GoodLingua

GoodLingua.com adalah perusahaan khusus translate dan proofreading Jurnal, conference, disertasi dan scientifict report. Kami sudah banyak membantu author untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal terindeks scopus. Kualitas kami lebih baik dari jasa lainnya dengan biaya yang terjangkau hanya 250 ribu per 1000 kata (atau sekitar 5-8 halaman, tergantung dari spasi, font dan format dari artikel. Segera kontak Kontak kami di WA sebagai berikut : 0856-9355-4284, atau klik di bawah ini :

This image has an empty alt attribute; its file name is whats-app1_burned.png

Leave a Comment

WhatsApp chat