Cara Melihat Ranking Jurnal Terindeks Scopus

Artikel ini akan menjelaskan tentang cara melihat rangking suatu jurnal, tentunya jurnal yang terindeks scopus, menggunakan situs Scopus.com. Scopus merupakan database terbesar scientifict paper dan buku terbesar. Quartile sendiri di ciptakan oleh Schimago, sebuah institusi yang menyediakan berbagai turunan data seperti quartile, dan data data lainnya. Data-data dari Schimago, sebagian di ekstrak dari data scopus, sehingga ada kerjasama dari kedua institusi tersebut. Sejak tahun 2017, scopus menyediakan informasi tentang quartile jurnal, sehingga kita akan lebih mudah untuk mengetahui quartile sebuah jurnal tanpa melalui scimago. Quartile journal di scopus ditentukan berdasarkan site score jurnal tersebut. Terdapat 4 Journal Quartile yang dikategorikan sebagai berikut:

  1. Apabila sebuah journal memiliki quartile diatas > 75th Percentile, maka termasuk dalam Q1.
  2. Apabila sebuah journal memiliki quartile diantara 50th -74th Percentile, maka termasuk dalam Q2.
  3. Apabila sebuah journal memiliki quartile diantara 25th – 49th Percentile, maka termasuk dalam Q3
  4. Apabila sebuah journal memiliki quartile dibawah < 24th Percentile , maka termasuk dalam Q4.

Tabel Journal Quartile

KategoriDeskripsi
Q1 > 75th Percentile
Q2 50th -74th Percentile
Q325th – 49th Percentile
Q4< 24th Percentile

Selanjutnya, berikut ini adalah cara – cara untuk melihat rangking jurnal terindeks scopus di scopus.com;

  1. Pertama-tama, buka scopus.com
  2. Kemudian klik sources
  3. Setelah itu, pilih field berdasasarkan yang ingin di lihat, misalnya dari subjek, judul, penerbit atau ISSN
  4. Lalu klik find sources untuk melihat hasilnya.
Artikel Menarik Wajib di Baca  Proofreading adalah Meningkatkan Kualitas paper sebelum di submit ke Jurnal Scopus

Ketika sudah melakukan cara – cara diatas, berikut contoh hasil yang akan keluar dengan hasil 66% yang dapat disimpulkan bahwa  jurnal tersebut di dalam 2nd quartile karena berada dalam rentang 50-74 percentile.

Jurnal terindeks scopus

Jika ingin lebih memastikan hasilnya, Anda bisa klik display option, lalu pilih sesuai quartile yang ditemukan, misalnya yang ditemukan tadi berada dalam Q2 (66%) sehingga pilih yang 2nd quartile dengan source tupe “journal” dan apply. Kemudian, akan keluar hasilnya bahwa jurnal tersebut benar di Q2 yang di tunjukkan sebagai berikut:

Jurnal terindex scopus

Artikel ini dipersembahkan oleh GoodLingua, sebuah Perusahaan yang fokus pada peningkatkan kualitas paper. GoodLingua memiliki kualitas yang sangat tinggi, karena staff dan editor kami memiliki standard kelayakan paper yang sangat idealis. Kami pastikan paper yang mengalaman pengeditan di Goodlingua akan tampill lebih baik dan membuat kepercayaan diri penulisnya.

Leave a Comment

WhatsApp chat