8 tempat Mencari Jurnal Internasional untuk Para Akademisi dan Peneliti

Rate this post

Jurnal internasional menjadi salah satu sumber informasi penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi di berbagai bidang. Jurnal internasional menyajikan artikel-artikel ilmiah yang telah melalui proses peer review dan diakui kualitasnya oleh komunitas akademik internasional. Namun, mencari jurnal internasional yang relevan dengan topik penelitian atau kepentingan akademik bukanlah tugas yang mudah. Artikel ini akan membahas beberapa tempat mencari jurnal internasional yang dapat membantu para akademisi, peneliti, dan praktisi dalam menemukan jurnal internasional yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

1. Google Scholar

Google Scholar adalah mesin pencari akademik yang dapat digunakan untuk mencari artikel, jurnal, dan publikasi ilmiah secara gratis. Google Scholar memiliki database yang luas dan mencakup banyak jurnal internasional terkemuka. Selain itu, Google Scholar juga menyediakan fitur pencarian canggih yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik, seperti pencarian berdasarkan kata kunci, judul jurnal, atau nama penulis. Google Scholar juga menyediakan informasi tentang jumlah kutipan yang diterima suatu artikel, yang dapat memberikan petunjuk tentang seberapa penting artikel tersebut dalam bidang penelitian yang relevan.

2. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah direktori jurnal internasional yang dapat diakses secara gratis. DOAJ menyediakan akses ke ribuan jurnal internasional yang dapat diakses secara online dan gratis. Jurnal-jurnal yang terdaftar di DOAJ telah melalui proses seleksi ketat dan dipastikan memenuhi standar kualitas tertentu. DOAJ juga menyediakan fitur pencarian yang memungkinkan pengguna untuk mencari jurnal berdasarkan kategori, topik, atau bahasa.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Strategi Mempublikasikan Penelitian di Jurnal Nasional Terindeks Scopus: Meningkatkan Reputasi Akademik dan Dampak Ilmiah

5. Scopus/Sciencedirect

Scopus adalah salah satu database jurnal internasional terbesar di dunia. Scopus mencakup ribuan jurnal internasional dari berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, sains, teknologi, dan kesehatan. Scopus menyediakan informasi tentang kutipan, indeks h, dan indeks sitasi untuk setiap artikel yang terdaftar di dalamnya. Scopus juga menyediakan fitur pencarian canggih yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik, seperti pencarian berdasarkan topik, kata kunci, atau nama penulis.

4. Web of Science

Web of Science adalah database jurnal internasional yang mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, sains, teknologi, dan kesehatan. Web of Science menyediakan informasi tentang kutipan, indeks h, dan indeks sitasi untuk setiap artikel yang terdaftar di dalamnya. Web of Science juga menyediakan fitur pencarian yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik, seperti pencarian berdasarkan topik, kata kunci, atau nama penulis.

5. PubMed

PubMed adalah database jurnal medis dan kesehatan terkemuka yang disediakan oleh National Library of Medicine. Database ini mencakup ribuan jurnal internasional yang fokus pada bidang medis dan kesehatan, serta memungkinkan pengguna untuk mencari artikel berdasarkan kata kunci, penulis, atau topik tertentu.

6. JSTOR

JSTOR adalah database jurnal internasional terkemuka yang menyediakan akses ke ribuan jurnal dari berbagai disiplin ilmu, termasuk sains, teknologi, kedokteran, dan humaniora. JSTOR mengenakan biaya langganan untuk akses penuh ke database jurnalnya, namun pengguna dapat mengakses beberapa artikel secara gratis setiap bulannya.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Arti "Discontinued" pada Jurnal Ilmiah: Pengertian dan Implikasinya

7. ResearchGate

ResearchGate adalah jaringan sosial akademik yang memungkinkan peneliti untuk terhubung dengan sesama peneliti dan membagikan hasil penelitian mereka. Situs ini menyediakan akses ke jurnal internasional gratis dan berbayar, serta memungkinkan pengguna untuk membaca dan mengunduh artikel ilmiah, menulis ulasan, dan bergabung dengan grup diskusi.

8. Microsoft Academic yang sempat terpotong.

Microsoft Academic adalah mesin pencari jurnal internasional yang disediakan oleh Microsoft. Mesin pencari ini menyediakan akses ke jurnal internasional yang terbit dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk sains, teknologi, kedokteran, dan humaniora. Microsoft Academic juga dilengkapi dengan fitur analisis kutipan, sehingga pengguna dapat melacak jumlah dan sumber kutipan untuk sebuah artikel.

Selain itu, Microsoft Academic juga menyediakan informasi tentang profil peneliti, publikasi terbaru, dan kutipan yang berkaitan dengan penelitian mereka. Pengguna dapat membuat profil peneliti mereka sendiri di Microsoft Academic dan menyimpan artikel yang menarik untuk dibaca nanti.

Kelebihan Microsoft Academic dibandingkan dengan mesin pencari jurnal internasional lainnya adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber, termasuk publikasi ilmiah, data kutipan, dan penghargaan. Dalam hal ini, Microsoft Academic dapat membantu pengguna untuk mengembangkan dan memperdalam penelitian mereka dengan cara yang lebih holistik

Tentang GoodLingua

GoodLingua.com adalah sebuah jasa proofreading dan jasa translate paper untuk jurnal-jurnal terindeks Scopus, WoS, IEEE, atau SINTA. Mereka bekerja sama dengan native speaker dan first English speaker untuk membuat kalimat pada paper lebih natural, mengalir, dan mudah dibaca oleh editor dan reviewer jurnal.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Strategi Mendapatkan Akses Gratis ke Jurnal Berbayar: Alternatif Legal untuk Download Jurnal Berbayar Secara Gratis

Jurnal internasional terutama yang terindeks Scopus, WoS, atau IEEE memiliki syarat bahwa sebuah paper harus diperbaiki oleh native speaker atau first English speaker/English official. GoodLingua.com memiliki staff ahli di berbagai bidang, seperti engineering, social science, biology, medical, business, management, language, dan agriculture.

Dengan menggunakan jasa proofreading dan jasa translate paper GoodLingua.com, Anda dapat memastikan bahwa paper Anda akan memenuhi standar keakuratan, kejelasan, dan kelayakan yang dibutuhkan oleh jurnal-jurnal terindeks Scopus, WoS, IEEE, atau SINTA. Dengan pengalaman bertahun-tahun dan tim yang terdiri dari native speaker dan first English speaker, GoodLingua.com dapat membantu Anda menghasilkan paper yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Leave a Comment