Hati-Hati Jurnal Scopus Discontinue

Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan dua cara mengetahui jurnal yang masih continue atau discontinue (tidak berlanjut akreditasinya) di Scopus. Mengetahui kedisconuean suatu jurnal menjadi penting untuk dosen yang akan mengajukan peningkatan jenjang akademik atau jabatan fungsional, karena hal ini merupakan salah satu persyaratan menjadi penulis pertama dalam artikel jurnal yang terpublikasi di Scopus.

Terdapat dua cara untuk mengetahui apakah suatu artikel jurnal masih continue atau sudah discontinue. Hal ini penting untuk diketahui karena ketika kita sudah memasukkan artikel jurnal ke dalam jurnal yang masuk Scopus, setelah diupdate per 3 bulan atau di tahun berikutnya, ternyata jurnal tersebut sudah keluar atau sudah discontinue dari Scopus.

Cara pertama:

  • Melihat dari Scopus Source List yang bisa didownload dalam bentuk excel
  • Buka file yang sudah didownload
  • Untuk mencari jurnal yang dimaksud, tekan CTRL+F dan masukan nama jurnalnya.

Kolom pada baris jurnal yang dimaksud merupakan keterangan jurnal, yang menunjukan masih continue atau discontinue.

Namun, cara ini kurang akurat karena Scopus Source List biasanya diupdate per 3 bulan sekali dan keterangan yang diberikan kurang spesifik terkait waktu coverage jurnal.

Cara kedua:

  • Melihat dari submenu Sources
  • Klik subject area
  • Masukan title jurnal dan klik find source
  • Kemudian, akan muncul halaman result pencarian jurnal terkait. Pilih dan klik jurnal yang akan dilihat coverage-nya.
  • Cara ini dinilai lebih akurat karena tercantum detail atau keterangan yang lebih rinci mengenai jurnal tersebut, termasuk scopus coverage years. (seperti pada tampilan berikut)

Source detail jurnal pada cara kedua, lebih rinci karena dicantumkan waktu coverage jurnal yang update setiap saat.

GoodLingua.com adalah perusahaan khusus translate dan proofreading Jurnal, conference, disertasi dan scientifict report. Kami sudah banyak membantu author untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal terindeks scopus. Kualitas kami lebih baik dari jasa lainnya dengan biaya yang terjangkau hanya 250 ribu per 1000 kata (atau sekitar 5-8 halaman, tergantung dari spasi, font dan format dari artikel. Segera kontak Kontak kami di WA sebagai berikut : 0856-9355-4284, atau klik di bawah ini :

This image has an empty alt attribute; its file name is whats-app1_burned.png
Artikel Menarik Wajib di Baca  1 Bulan di Accepted di Asian Journal of Civil Engineering, Q3 Scopus.

Leave a Comment

WhatsApp chat