Daftar Jurnal SINTA 4: Pilar Publikasi Ilmiah Berkualitas di Indonesia

Rate this post

Dalam dunia akademik, publikasi ilmiah memiliki peran penting dalam menyebarluaskan pengetahuan dan mengukuhkan reputasi peneliti serta institusi. Di Indonesia, Sistem Nasional Terindeks (SINTA) telah menjadi acuan utama dalam mengklasifikasikan jurnal-jurnal ilmiah berdasarkan kualitas dan kredibilitasnya. SINTA 4 adalah kategori tertinggi dalam sistem ini, menunjukkan jurnal-jurnal yang dianggap memiliki tingkat keunggulan yang tinggi dalam bidangnya. Artikel ini akan memperkenalkan daftar jurnal SINTA 4 yang terkini, mewakili pilar publikasi ilmiah berkualitas di Indonesia.

  1. Journal of Indonesian Applied Economics (JIAE): JIAE adalah jurnal ekonomi yang berfokus pada isu-isu terkini dalam konteks Indonesia. Jurnal ini menerbitkan artikel-artikel yang berkualitas dan orisinal dalam berbagai sub-bidang ekonomi, seperti ekonomi makro, mikro, moneter, dan pembangunan.
  2. Indonesian Journal of Chemistry (IJC): IJC merupakan jurnal ilmiah di bidang kimia yang menampilkan penelitian mutakhir dan kontribusi signifikan dalam berbagai aspek kimia. Jurnal ini menjadi wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam kimia organik, anorganik, analitik, fisik, dan kimia terapan.
  3. Indonesian Journal of Geography (IJG): IJG adalah jurnal geografi yang mempublikasikan penelitian geografi dan isu-isu terkait dalam konteks Indonesia. Jurnal ini meliputi berbagai sub-bidang geografi, termasuk geografi fisik, sosial, ekonomi, politik, dan lingkungan.
  4. Journal of Indonesian Medical Association (JIMA): JIMA merupakan jurnal medis yang menerbitkan artikel-artikel berkualitas tinggi dalam bidang kedokteran dan kesehatan. Jurnal ini meliputi berbagai disiplin ilmu medis, seperti biomedis, klinis, epidemiologi, farmakologi, dan gizi.
  5. Indonesian Journal of Animal and Veterinary Sciences (IJOAVS): IJOAVS adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada penelitian dalam bidang biologi hewan, kesehatan hewan, dan ilmu veteriner. Jurnal ini memuat artikel-artikel terkait dengan bioteknologi hewan, fisiologi hewan, nutrisi, penyakit hewan, dan manajemen peternakan.
  6. Journal of Indonesian Educational Development and Policy Studies (JIEDPS): JIEDPS adalah jurnal pendidikan yang mempublikasikan penelitian dan analisis kebijakan pendidikan di Indonesia. Jurnal ini mencakup berbagai topik pendidikan, termasuk kurikulum, metode pengajaran, evaluasi, kebijakan pendidikan, dan manajemen sekolah.
  7. Indonesian Journal of Environmental Management and Sustainability (IJEMS): IJEMS adalah jurnal yang berfokus pada isu-isu lingkungan dan keberlanjutan di Indonesia.
Artikel Menarik Wajib di Baca  Strategi Mengevaluasi Kualitas Jurnal Nasional: Panduan untuk Penulis dan Peneliti

Leave a Comment